Fitria, Juniar and Nurul, Astuty Yensy and Nur, Aliyyah Irsal (2020) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJI KOMPETENSI MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BUKU KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN EDISI REVISI 2017 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016058_Juniar Fitria_Skripsi.pdf [thumbnail of A1C016058_Juniar Fitria_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C016058_Juniar Fitria_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal uji
kompetensi dan persentase masing-masing tingkat kognitif soal uji kompetensi
pada buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan Taksonomi
Bloom. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar kelasifikasi tingkat kognitif soal uji kompetensi.
Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku
matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VIII semester 1
yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat empat kategori tingkat kognitif pada soal uji kompetensi materi
persamaan garis lurus yakni C1 (remember) 2,27 %, C2 (understanding) 9,10%,
C3 (applying) 83,36% dan C4 (analyse)2,27%. Hal ini menunjukkan bahwa
presentase tingkat kognitif soal uji kompetensi pada materi persamaan garis lurus
belum sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir peserta didik.
Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15563 |