Fitria, Juniar and Nurul, Astuty Yensy and Nur, Aliyyah Irsal (2020) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJI KOMPETENSI MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BUKU KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN EDISI REVISI 2017 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016058_Juniar Fitria_Skripsi.pdf [thumbnail of A1C016058_Juniar Fitria_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
A1C016058_Juniar Fitria_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal uji 
kompetensi dan persentase masing-masing tingkat kognitif soal uji kompetensi
pada buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan Taksonomi 
Bloom. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam 
penelitian ini adalah lembar kelasifikasi tingkat kognitif soal uji kompetensi. 
Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku 
matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VIII semester 1
yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan 
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 
terdapat empat kategori tingkat kognitif pada soal uji kompetensi materi 
persamaan garis lurus yakni C1 (remember) 2,27 %, C2 (understanding) 9,10%, 
C3 (applying) 83,36% dan C4 (analyse)2,27%. Hal ini menunjukkan bahwa 
presentase tingkat kognitif soal uji kompetensi pada materi persamaan garis lurus
belum sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir peserta didik. 
Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 | 
| Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15563 | 

