Simbara, Radika and Nurul, Astuty Yensy B and Hanifah, Hanifah (2020) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Radika Simbara_A1C013048_Skripsi.pdf [thumbnail of Radika Simbara_A1C013048_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Radika Simbara_A1C013048_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menigkatkan aktivitas belajar 
siswa dan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model 
pembelajaran Learning Cycle 5e. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah 
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tekhnik pengumpulan data melalui 
lembar observasi siswa dan tes hasil pemahaman konsep matematika siswa. Hasil 
penelitian menunjukan bahawa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e
dapat meningkatkan aktivitas siswa dan pemahamn konsep matematika siswa 
kelas VII SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Aktivitasdapat ditingkatkan 
dengan membentuk kelompok siswa, memotivasi siswa dengan nilai tambahan 
dan mengatur tempat duduk siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas 
siswa dan pemahaman konsep matematika siswa setiap siklus. Pada siklus I 
aktivitas belajar siswa masuk kedalam kategori cukup aktif dengan rata-rata skor 
44,7. Pada siklus II aktivitas belajar siswa masuk kedalam kategori cukup aktif 
dengan rata-rata skor 48,6. Pada siklus III aktivitas belajar siswa masuk kedalam 
kategori aktif dengan rata-rata skor 53,65. Peningkatan pemahaman konsep 
matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata pemahaman konsep matematika 
siswa dari siklus I sampai dengan siklus III yaitu: (1) Kemampuan menyatakan 
ulang konsep 82,2%; 90%; 75,7%. (2) Kemampuan siswa memberikan contoh dan 
non contoh 62,2%; 70,8; 72,1%. (3) Mengaplikasikan objek menurut sifat tertentu 
sesuai dengan konsep nya 67,07%; 39,3%; 54,3;. (4) Kemampuan siswa mengenal 
syarat-syarat yang menentukan suatu konsep 30,9%; 53,1%; 59,3% (5) 
Kemampuan membandingkan dan membedakan konsep-konsep 62,2%; 77,9%; 
87,5%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 5e, Aktivitas belajar, 
Pemahaman Konsep Maatematika.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:32 | 
| Last Modified: | 08 Sep 2023 02:32 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15575 | 

