Wahayuni, Sri and Rufran, Zulkarnain and Parlan, Parlan (2020) PROFIL PAK ROHIDI GURU TUNGGAL PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) TABA MUTUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSi SRI PDF.pdf [thumbnail of SKRIPSi SRI PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSi SRI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk 
medeskripsikan gambaran tentang Profil Pak Rohidi Guru Tunggal Pada Taman 
Pendidikan Al-Qur‟an Taba Mutung Kabupaten Bengkulu Tengah mengenai 
keberadaan Guru Tunggal, Alasan pembelajaran, waktu pembelajaran, tujuan 
pembelajaran, tempat pembelajaran, langkah pembelajaran, orang yang terlibat, 
metode pembelajaran, fasilitas pembelajaran, faktor pendukung dan faktor 
penghambat, dengan lima subjek penlitian, teknik pengumpulan data 
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik 
analisis data meliputi reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. 
Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, triangulasi subjek,triangulasi 
teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan guru tunggal itu 
memang ada, alasan dilaksanakanya pembelajaran ialah niat dari Bapak Rohidi 
yang ingin membuka TPQ karena desa tersebut belum memiliki TPQ supaya 
masyarakat khusunya anak-anak bisa membaca Al-Qur‟an karena desa tersebut 
belum memiliki TPQ. Pembelajaran dilakukan setiap hari kecuali pada keadaan 
darurat contoh nya hujan, yang dilaksanakan pada pukul 18.00-20.00 WIB 
Tempat pembelajaran nya di Rumah Bapak Rohidi tepatnya di desa Taba 
Mutung.Langkah pembelajaran dimulai dari sholat magrib berjama‟ah, Membaca 
Al-Qur‟an, Sholat isya berjam‟ah dan membaca do‟a (untuk malam jum‟at membaca surah yasin dan untuk malam rabu praktik sholat jenazah). Faktor 
pendukung ialah sarana dan prasarana yang mencukupi, faktor penghambat ialah 
kurang disiplin baik dari guru maupun santri, kurang perhatian dan kerjasama 
dari sebagian orang tua santri.
Kata Kunci : Guru Tunggal, TPQ
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Sep 2023 08:53 | 
| Last Modified: | 08 Sep 2023 08:53 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15586 | 

