PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU

Amran, Adelya Ayu Listiani and Wurjinem, Wurjinem and Sri, Dadi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media flipchart
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 24
Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode quasi eksperimen
jenis desain the matching only pretest-posstest control group design. Subyek
penelitian adalah kelas IVB (kelas eksperimen) dan IVA (kelas kontrol).
Instrumen penelitian hasil belajar pengetahuan yaitu lembar tes tertulis serta
perbedaan hasil belajar sikap dan keterampilan yaitu lembar observasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa 1) hasil belajar pengetahuan yaitu uji-t di dapatkan
thitung mata pelajaran IPA sebesar 2,22 dan mata pelajaran Bahasa Indonesia
sebesar 2,44 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67 dimana thitung lebih
besar dari ttabel, 2) perbedaan hasil belajar sikap dengan kategori baik dan sangat
baik rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar 77,75%, sedangkan kelas
kontrol sebesar 47,25% dan 3) perbedaan hasil belajar keterampilan dengan
kategori baik dan sangat baik rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar
82,50%, sedangkan kelas kontrol sebesar 52,25%, artinya terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan
media flipchart. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media
flipchart terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD
Negeri 24 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together
(NHT), Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:51
Last Modified: 11 Sep 2023 08:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15662

Actions (login required)

View Item
View Item