Wulandari, Ayu and Sri, Ken Kustianti and Herman, Lusa (2020) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU MENANAMKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD ISLAM (IT) AL-HUSNA DI KABUPATEN LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi Ayu.pdf [thumbnail of skripsi Ayu.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi Ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru menanamkan
kemampuan literasi membaca pada pembelajaran tematik di SD Islam Terpadu
(IT) Al-Husna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Subyek
penelitian ini adalah guru di SD IT Al-Husna di Kabupaten Lebong. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data melalui tiga tahap, yaitu Data condensation, Display data, dan
Conclusion Drawing/Verification. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah
peneliti itu sendiri, instrumen yang mendukung dalam penelitian ini adalah
peneliti itu sendiri, instrument yang mendukung dalam penelitian adalah pedoman
observasi dan pedoman wawancara. Untuk menguji keabsahan data pada
penelitian ini maka digunakan uji kreadibilitas yaitu, triangulasi dan member
check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan menanamkan
kemampuan literasi membaca pada pembelajaran tematik pada siswa SD IT Al�Husna di Kabupaten Lebong, guru yang menjadi peranan penting yaitu (1) Guru
sebagai fasilitator. Guru sebagai fasilitator seperti menyediakan berbagai jenis
bacaan siswa, (2) guru sebagai motivator, yang dilakukan oleh guru sebagai
motivator seperti membaca 15 menit sebelum pembelajaran, mendorong siswa
untuk membaca, memandu siswa untuk mendapatkan informasi.(3) Guru sebagai
inspirator, yang dilakukan oleh guru seperti, mendorong siswa untuk membaca,
memandu siswa untuk membaca, membimbing permasalahan kesulitan siswa.
Kesimpulan yang didapat bahwa guru kelas rendah dan guru kelas tinggi di SD IT
Al-Husna di Kabupaten Lebong dalam melaksanakan kegiatan menyediakan
berbagai jenis bacaan siswa, menciptakan pojok baca siswa, memberikan
kemudahan belajar kepada siswa, membaca 15 menit sebelum pembelajaran,
mendorong siswa untuk membaca, memandu siswa untuk mendapatkan informasi,
mendorong siswa untuk membaca, memandu siswa untuk membaca, membimbing
permasalahan kesulitan siswa, dari kegiatan yang dilakukan oleh guru telah
memerankan dirinya sebagai fasilitator, motivator, inspiratory dalam
menanamkan kemampuan literasi membaca pada pembelajaran tematik pada
siswa.
Kata Kunci : Studi Deskriptif, Peran Guru, Literasi Membaca
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:52 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15668 |