PELAKSANAAN PEMBINAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN KASUS PENCURIAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BENGKULU

Fitri, Handayani and Lidia, Br. Karo and Herlita, Eryke (2021) PELAKSANAAN PEMBINAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN KASUS PENCURIAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembinaan anak didik pemasyarakatan bertujuan agar anak didik
pemasyarakatan menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi
tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.
Tujuan dari skripsi ini untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan anak didik
pemasyarakatan kasus pencurian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II
Bengkulu dan untuk mengetahui faktor penghambat serta faktor pendukung
pelaksanaan pembinaan anak didik pemasyarakatan kasus pencurian di Lembaga
Pembinaan Khusus Anak kelas II Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian Deskriptif dengan pendekatan penelitian hukum empiris atau
sosiologis. Hasil penelitian pelaksanaan pembinaan anak didik pemasyarakatan di
Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu sudah berjalan sesuai
Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : M.HH-
03.0T.02.02 Tahun 2014 tentang Pedoman Perlakuan Anak di Balai
Pemasyarakatan Sementara (BAPAS), Lembaga Penempatan Anak Sementara
(LPAS), Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA) di Lingkungan Kementerian
Hukum dan Hak Asasi Manusia namun belum maksimal. Faktor penghambat dari
anak didik pemasyarakatan dikarenakan minat dan bakat serta daya serap anak
didik pemasyarakatan berbeda-beda, petugas pembinaan masih ada yang belum
mendapatkan pelatihan, sarana dan prasarana yang terbatas, serta kerjasama dari
instansi lain berhenti sementera dikarenakan Covid-19. Serta faktor pendukung
yaitu anak didik pemasyarakatan yang mengikuti pembinaan keterampilan
sehingga menjadi bekal dan mendapatkan ilmu, adanya kerja sama dengan
instansi-instansi lainnya serta dari petugas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak
Kelas II Bengkulu yang bertanggung jawab dalam pengawasan, keamanan dan
keselamatan anak didik pemasyarakatan.
Kata Kunci : Anak Didik Pemasyarakatan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak,
Pembinaan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:13
Last Modified: 11 Sep 2023 04:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200