Hekmatulaini, Elwisa and Puspa, Djuwita and Sri, Dadi (2020) PENGEMBANGAN LKPD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI Pdf...pdf [thumbnail of SKRIPSI Pdf...pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Pdf...pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pada Pembelajaran Tematik
menggunakan model role playing di kelas V SD Negeri Kota Bengkulu.
Penelitsian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan
memodifikasi model 4-D oleh Thiagarajan dan Sammel. Namun pada penelitian
ini hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Develop (Pengembangan).
Validasi dilakukan oleh ahli RPP dan ahli LKPD. LKPD yang dikembangkan
diberi nilai dan tanggapan oleh 8 Siswa. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif terhadap penilaian validasi ahli dan tanggapan siswa serta
analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dari validasi ahli dan tanggapan
siswa. Penelitian ini menghasilkan pengembangan LKPD Pada pembelajaran
tematik menggunakan model role playing dengan penilaian dari ahli LKPD pada
tahap 1 sebesar 78, 15 dengan kategori baik, pada tahap 2 sebesar 89, 20 dengan
kategori sangat baik dan tanggapan siswa sebesar 90 dengan kategori sangat baik.
Jadi, penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa LKPD
menggunakan model role playing pada pembelajaran tematik pada kelas V SD
dapat dikategorikan sebagai LKPD yang sangat baik dan dapat digunakan pada
pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: LKPD, Pengembangan, Role Playing, Tematik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:53 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15684 |