Hardianto, Yosep and Dalifa, Dalifa and Feri, Noperman (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SUPLEMEN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI YOSEP HARDIANTO (A1G016121).pdf [thumbnail of SKRIPSI YOSEP HARDIANTO (A1G016121).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI YOSEP HARDIANTO (A1G016121).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar suplemen IPA di kelas IV 
Sekolah Dasar Kota Bengkulu pada materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 
Kompetensi Dasar 3.5. “Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan 
bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, 
bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari”. Penelitian ini 
merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan memodifikasi 
model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). 
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan 
dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and 
Development / R&D). Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan rubrik 
penilaian buku ajar suplemen IPA di kelas IV Sekolah Dasar Kota Bengkulu.
Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif terhadap hasil 
validasi ahli yang berupa penilaian buku ajar suplemen IPA di kelas IV Sekolah 
Dasar Kota Bengkulu, serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dari 
validasi ahli yang berupa catatan, saran ataupun komentar berdasarkan hasil 
penilaian yang terdapat pada lembar validasi dan review dari ahli isi materi buku 
ajar suplemen IPA di kelas IV Sekolah Dasar Kota Bengkulu. Buku ajar suplemen 
IPA di kelas IV Sekolah Dasar Kota Bengkulu ini divalidasi oleh ahli materi yang 
kemudian direvisi oleh peneliti. Persentase hasil validasi dari ahli buku ajar
suplemen IPA di kelas IV Sekolah Dasar Kota Bengkulu sebesar 87 % dalam 
kategori sangat valid. Bagi guru disarankan untuk memanfaatkan buku ajar 
suplemen IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu yang telah 
dikembangkan sebagai materi tambahan. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya 
disarankan untuk melanjutkan penelitian ke sekolah.
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar Suplemen, dan Pembelajaran IPA.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 12 Sep 2023 01:19 | 
| Last Modified: | 12 Sep 2023 01:19 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15734 | 

