PENGEMBANGAN BUKU AJAR SUPLEMEN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BENGKULU

Hardianto, Yosep and Dalifa, Dalifa and Feri, Noperman (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SUPLEMEN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI YOSEP HARDIANTO (A1G016121).pdf] Text
SKRIPSI YOSEP HARDIANTO (A1G016121).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar suplemen IPA di kelas IV
Sekolah Dasar Kota Bengkulu pada materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),
Kompetensi Dasar 3.5. “Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan
bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi,
bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari”. Penelitian ini
merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan memodifikasi
model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and
Development / R&D). Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan rubrik
penilaian buku ajar suplemen IPA di kelas IV Sekolah Dasar Kota Bengkulu.
Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif terhadap hasil
validasi ahli yang berupa penilaian buku ajar suplemen IPA di kelas IV Sekolah
Dasar Kota Bengkulu, serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dari
validasi ahli yang berupa catatan, saran ataupun komentar berdasarkan hasil
penilaian yang terdapat pada lembar validasi dan review dari ahli isi materi buku
ajar suplemen IPA di kelas IV Sekolah Dasar Kota Bengkulu. Buku ajar suplemen
IPA di kelas IV Sekolah Dasar Kota Bengkulu ini divalidasi oleh ahli materi yang
kemudian direvisi oleh peneliti. Persentase hasil validasi dari ahli buku ajar
suplemen IPA di kelas IV Sekolah Dasar Kota Bengkulu sebesar 87 % dalam
kategori sangat valid. Bagi guru disarankan untuk memanfaatkan buku ajar
suplemen IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu yang telah
dikembangkan sebagai materi tambahan. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya
disarankan untuk melanjutkan penelitian ke sekolah.
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar Suplemen, dan Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:19
Last Modified: 12 Sep 2023 01:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15734

Actions (login required)

View Item
View Item