Lestari, Kiki and Supadi, Supadi and Bambang, Djunaidi (2022) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DENGAN GURU DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI KIKI LESTARI.pdf [thumbnail of SKRIPSI KIKI LESTARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KIKI LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan dan pelanggaran
kesantuan berbahasa siswa dengan guru pada saat kegiatan pembelajaran bahasa
Indonesia kelas X Jurusan Kecantikan di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Objek penelitian ini
adalah siswa dengan guru di kelas X Jurusan Kecantikan SMK Negeri 3 Kota
Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi
dan teknik rekaman. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan tahapan: (1)
Mentranskripsi hasil rekaman, (2) Mengidentifikasi data, (3) Mengklasifikasi data,
(4) Menginterpretasi data, dan (5) Menyimpulkan data. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran kelas X Jurusan Kecantikan di
SMK Negeri 3 Kota Bengkulu ditemukan data tuturan kesantunan berbahasa yang
terdiri atas 16 pematuhan kesantunan berbahasa siswa dengan guru yang meliputi:
Pematuhan maksim-maksim (1) kebijaksanaan dengan indikator yaitu memberikan
banyak pilihan kepada mitra tutur (2) kedermawanan dengan indikator yaitu
mengurangi keuntungan diri sendiri dan menambah keuntungan mitra tutur (3)
pujian dengan indikator yaitu memberikan penghargaan berupa ucapan yang
menyenangkan (4) kerendahan hati dengan indikator yaitu penutur dapat
mengurangi pujian terhadap diri sendiri (5) kemufakatan dengan indikator yaitu
menghindari pembicaraan yang berbeda dari topik pembicaraan. Data tuturan
pelanggaran kesantunan berbahasa terdiri dari 11 pelanggaran kesantunan
berbahasa yang meliputi: Pelanggaran maksim-maksim (1) kebijaksanaan dengan
indikator yaitu tidak memberikan banyak pilihan kepada mitra tutur (2) kesimpatian
dengan indikator yaitu tidak mengungkapkan perasaan peduli dan (3) kemufakatan
dengan indikator yaitu tidak menghargai mitra tutur. Kesantunan berbahasa siswa
dengan guru di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu tidak ditemukan tuturan yang
mengandung pelanggaran maksim kedermawanan, maksim kerendahan hati dan
maksim pujian atau penghargaan.
Kata kunci: Kesantunan berbahasa siswa dengan guru.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 07:46 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 07:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15743 |