Azzahrah, Meilianna and Amril, Canrhas and Emi, Agustina (2022) NILAI PENDIDIKAN DALAM KUMPULAN ANDAI-ANDAI SERAWAI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![MEILIANNA AZZAHRAH A1A018011 (1).pdf [thumbnail of MEILIANNA AZZAHRAH A1A018011 (1).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
MEILIANNA AZZAHRAH A1A018011 (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menjelaskan nilai 
pendidikan dalam kumpulan andai-andai Serawai. Metode penelitian yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah metode dialektik. Teknik pengumpulan 
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) membaca dan membuat 
sinopsis (2) mengkaji ulasan penyusun buku (3) menganalisis nilai pendidikan (4) 
mengkaji latar belakang sosial dan sejarah, dan (5) menyimpulkan hasil. Terdapat 
12 judul cerita yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada 
kumpulan andai-andai Serawai terdapat nilai pendidikan yaitu (1) sikap anak 
terhadap orang tua (2) sikap orang tua terhadap anak (3) kejujuran (4) kesabaran 
(5) perbuatan baik. Nilai-nilai pendidikan ini ditunjukan untuk orang tua, anak, 
dan masyarakat luas. Nilai pendidikan dalam kumpulan andai-andai Serawai 
sangat berkaitan dengan kenyataan yang terjadi pada masyarakat Serawai yang 
menjunjung tinggi sikap sopan santun kepada orang tua, budaya dan adat istiadat.
Kata kunci: Nilai Pendidikan, Andai-andai Masyarakat Serawai.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 13 Sep 2023 02:54 | 
| Last Modified: | 13 Sep 2023 02:54 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15762 | 

