Friadi, Ajeng Indriati and Arono, Arono and Rio, Kurniawan (2022) PROBLEMATIKA MENDENGARKAN DRAMA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI - AJENG INDRIATI FRIADI (A1A018099) FIX.pdf [thumbnail of SKRIPSI - AJENG INDRIATI FRIADI (A1A018099) FIX.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI - AJENG INDRIATI FRIADI (A1A018099) FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika
mendengarkan drama dalam kegiatan belajar mengajar siswa kelas VIII
SMP Negeri 13 Kota Bengkulu dan upaya guru untuk mengatasinya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D, E, dan F
dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
dianalisis menggunakan model interaktif oleh (Miles dan Huberman,
1994) yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa problematika yang
timbul dalam kegiatan mendengarkan drama pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 13 Kota Bengkulu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal
dan eksternal. Problematika yang disebabkan oleh faktor internal terdiri
atas siswa yang bertingkah laku kurang baik, siswa acuh dengan
pembelajaran, siswa tidak serius dan cenderung bersikap malas.
Problematika yang disebabkan oleh faktor eksternal terdiri atas siswa
kesulitas mendengar drama, siswa tidak memahami materi, siswa
terganggu karena gangguan dari luar kelas, siswa kesulitan berkonsentrasi,
dan siswa sibuk dengan aktivitas masing-masing. Upaya yang diberikan
oleh guru untuk permasalahan yang disebabkan oleh faktor internal dengan
melakukan pendekatan secara khusus kepada siswa secara individu yang
mengalami permasalahan pribadi sedangkan permasalahan yang
disebabkan oleh faktor eksternal guru bersama dengan pihak sekolah
kedepannya akan mengupayakan SMP Negeri 13 Kota Bengkulu dapat
menyediakan laboratorium bahasa dengan fasilitas dan media belajar yang
mendukung berupa ruangan yang kedap suara, penggunaan komputer, dan
speaker agar kegiatan mendengarkan drama dilakukan lebih maksimal
disertai dengan pemilihan bahan simakan yang lebih menarik yang sesuai
dan berkaitan dengan materi pembelajaran.
Kata kunci : Problematika Mendengarkan Drama, Kegiatan Belajar Mengajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 02:57 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 02:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15772 |