Gempita, Siti Miratih and Arono, Arono and Agus, Trianto (2022) PENGGUNAAN BAHASA LISAN GURU-SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS HOTS SISWA KELAS VIII SMPN 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Siti Miratih Gempita-A1A018103.pdf [thumbnail of Skripsi Siti Miratih Gempita-A1A018103.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Siti Miratih Gempita-A1A018103.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa Lisan guru
dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis HOTS (Higheer
Order Thinking Skill) siswa kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu. Metode
yang digunakan adalah kualitatif. Objek penelitian adalah guru dan siswa
pada saat proses belajar mengajar di kelas. Pengambilan data dilakukan
dengan mengambil data dokumen yang berupa rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) serta dokumentasi foto dan rekaman suara pada saat
pembelajaran. Teknik analisis data diawali dengan 1. mengumpulkan
ujaran guru dan siswa pada saat diskusi tanya jawab dari hasil rekaman,
2. menganalisis kontruksi bahasa lisan serta pertanyaan yang diberikan
guru secara langsung kepada siswa dari aspek berpikir kritis,berpikir
kreatif, problem solving, kemampuan mengambil keputusan, 3. Mencari
pola kontruksi yang termasuk kedalam LOTS ataupun HOTS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Bahasa Lisan Guru-Siswa
Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia berbabis HOTS Siswa Kelas VIII,
belum memenuhi aspek karakteristik HOTS.
Kata Kunci: Bahasa Lisan, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Berbasis HOTS
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:06 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15866 |