Fardhan, Adriano and Ganefi, Ganefi and Adi, Bastian Salam (2020) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT POS INDONESIA TERHADAP PAKET KILAT KHUSUS DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![tesis [thumbnail of tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Fardhan Adriano.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Paket Pos Kilat, layanan prioritas dari unit bisnis logistic PT. Pos Indonesia
yang tersedia di provinsi di Indonesia.Sebagai badan yang bergerak di bidang jasa
pengangkutan barang.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui. Untuk mengetahui
dan menganalisa pelaksanaan tanggung jawab PT. Pos Indonesia Terhadap paket
kilat khusus di Kota Bengkulu.Untuk mengetahui penyelesaian masalah
keterlambatan dan kerusakan paket kilat khusus oleh PT. Pos Indonesia di Kota
Bengkulu.
Metode penelitian yuridis sosiologis yaitu penelitian dengan mengkaji kaidah�kaidah hukum atau norma hukum yang berlaku di masyarakat serta melihat dari sisi
sosiologis hukum serta masyarakat dalam Pelaksanaan Tanggung Jawab PT. Pos
Indonesia Terhadap Paket Kilat Khusus Di Kota Bengkuludalam pengiriman kilat
khusus yang mengalami kerusakan dan keterlambatan
Hasil penelitian didapatkan Perlindungan serta tanggung jawab atas kerugian
yang diterima oleh konsumen dari pelaku usaha masih jauh dari harapan. Konsumen
wajib dilindungi dari perilaku pelaku usaha yang tidak beritikad baik serta
mendapatkan ganti kerugian yang selayaknya atas tanggung jawab pelaku usaha
terhadap suatu produk/jasa yang mereka tawarkan. Sebagaimana maksud dan tujuan
pembentukan UUPK untuk memberikan kepastian, keamanan dan bertanggung
jawabnya pelaku usaha atas produk/jasa yang mereka tawarkan kepada konsumen.
Tidak sebandingnya ganti kerugian tersebut, didasari oleh ketidaktahuan/kurangnya
pengetahuan konsumen atas perlindungan konsumen serta kesadaran dari para pelaku
usaha yang bersifat tanggung jawab atas produk/jasa yang mereka tawarkan kepada
para konsumen.Penyelesaian masalah paket kilat khusus oleh PT pos Indonesia di
kota Bengkulu pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa yang
sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan
yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ganti
kerugian hanya diberikan pada konsumen yang mengalami keterlambatan dan
kerusakan saja, menetapkan ganti kerugian bertentangan dengan peraturan
perundangan-undangan.
Kata Kunci :Pelaksanaan Tanggung Jawab, Paket Kilat Khusus
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | irma rohayu |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 07:38 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 07:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16041 |