PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

LATIFAH, HANI YATUL and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Afifatus, Sholihah (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI Hani FIKS CETAK.pdf] Text
SKRIPSI Hani FIKS CETAK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik assertive training terhadap interaksi sosial siswa di SMP
Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan
one-group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP
Negeri 4 Kota Bengkulu di kelas IX.8. Sampel penelitian berjumlah 7 orang yang
mengalami interaksi sosial rendah. Siswa dikategorikan rendah apabila siswa
tidak aktif dalam berinteraksi dengan lingkungan sekolah, seperti siswa suka
menyendiri saat di sekolah dan kurang rasa simpati terhadap siswa lain. Sampel
diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan
kuisioner (angket) dengan skala likert dengan 3 alternatif jawaban. Teknik analisis
data menggunakan Uji t (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukkan adanya kenaikan interaksi sosial siswa setelah
diberikan konseling kelompok dengan teknik assertive training sebagai treatment.
Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment 56,57
dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi
131,85 dalam kategori tinggi. Hasil Uji t menunjukkan nilai t= 16.193 dan sig(2-
tailed) 0.000
Kata kunci : Layanan Konseling Kelompok, Teknik Asserive Training, interaksi
sosial

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:50
Last Modified: 21 Sep 2023 01:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16116

Actions (login required)

View Item
View Item