MONICA, WIDIA and Yessy, Rosalina and Arsyadani, Mishbahuddin (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGUNAKAN TEKNIK DEEP BRATHING TERHADAP REGULASI EMOSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI _WIDIA MONICA_A1L017035.pdf [thumbnail of SKRIPSI _WIDIA MONICA_A1L017035.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI _WIDIA MONICA_A1L017035.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling
kelompok dengan menggunakan teknik deep breathing terhadap regulasi emosi
siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian
one group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 orang
siswa yang merupakan seluruh siswa kelas IX.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel
pada penelitian ini berjumlah 7 orang siswa. Teknik Pengambilan data
menggunakan kuesioner dengan model skala Likert. Pada penelitian ini teknik
analisis data menggunakan Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan siswa setelah
diberikan layanan konseling kelompok terhadap regulasi emosi siswa. Hal ini
dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan nilai t -16,688 dan
nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,005), maka artinya H0 ditolak dan Ha
diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling
kelompok dengan menggunakan teknik deep breathing terhadap regulasi emosi
siswa.
Kata kunci : Regulasi Emosi , Konseling Kelompok, Teknik Deep Breathing
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:38 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16152 |