ERLANGGA, BAYU and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Afifatus, Sholihah (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SYMBOLIC MODELING TERHADAP PERILAKU MORAL SISWA KELAS VIII A DI SMP N 19 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI BAYU ERLANGA.pdf [thumbnail of SKRIPSI BAYU ERLANGA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BAYU ERLANGA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan
kelompok menggunakan teknik symbolic modeling terhadap perilaku moral siswa
kelas VIII A di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre�test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa yang
memiliki perilaku moral yang rendah. Tenik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan skala perilaku moral, sedangkan teknik analisis data
menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan
antara layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling terhadap
perilaku moral siswa. Hal ini terlihat dari mean pre-test = 95,8 dan mean post-test
= 139,0 dengan nilai uji z-test hasil yang didapat yaitu -2.805ᵃ (p<0,05) yang
artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling
berpengaruh dalam peningkatan perilaku moral siswa.
Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Symbolic Modeling,
Perilaku Moral.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 02:37 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 02:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16203 |