NOPRIANI, AGNES NADIA and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Anni, Suprapti (2022) MENINGKATKAN SELF EFFICACY AKADEMIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM PADA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA N 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Agnes Nadia (A1L018063).pdf [thumbnail of Skripsi Agnes Nadia (A1L018063).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Agnes Nadia (A1L018063).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self efficacy akademik
siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif jenis eksperimen
dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi data
penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu yang
berjumlah 31 orang, pengambilan sampel dilakukan secara random yang
berjumlah 12 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket
tertutup dengan skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik
menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian, menunjukkan terdapat pengaruh yang
signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom terhadap self
efficacy akademik. Sebelum diberi perlakuan rata-rata self efficacy akademik
dalam kategori sedang bahkan cenderung rendah, sedangkan setelah diberi
perlakuan self efficacy akademik rata-rata sudah pada kategori tinggi. Bagi
peneliti selanjutnya, melakukan penelitian dengan sampel yang lebih banyak.
Kata Kunci: Self Efficacy, Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 02:37 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 02:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16206 |