Virainy, Anglin and Sri, Saparahayuningsih and Anni, Suprapti (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 17 KOTA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ALIN.pdf [thumbnail of SKRIPSI ALIN.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ALIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas teknik behavioral
contract untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII C di SMP
Negeri 17 Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif jenis
eksperimen. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket kemandirian belajar. Analisis data mengggunakan
statistik dengan rumus uji-t. Hasil Penelitian ini terbukti dengan rata-rata
kemandirian belajar siswa sebelum diberikan treatment kategori rendah dan
setelah diberikan treatment nilai rata-rata menajdi kategori tinggi. Penelitian ini
juga membuktikan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral
contract efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VII C
di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan
layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract untuk
meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci :Kemandirian Belajar, Konseling Kelompok, Teknik Behavioral
Contract(Kontrak Perilaku)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 08:06 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 08:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16225 |