PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TERAPI MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI SISWA KELAS XI SMAN 1 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG

SURYANI, MITA and Yessy, Elita and Achmad, Aminudin (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TERAPI MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI SISWA KELAS XI SMAN 1 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI MITA SURYANI.pdf] Text
SKRIPSI MITA SURYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang memiliki kemampuan mengelola
emosi yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh
layanan konseling kelompok dengan terapi menulis (writing therapy) untuk
meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMAN 1 Tebing
Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Metode penelitian ini menggunakan metode
eksperimen one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPS 1 berjumlah 33 orang siswa. Sampel penelitian diambil dengan
teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 8 orang siswa dengan tingkat
kemampuan mengelola emosi rendah. Teknik pengumpulan menggunakan angket
dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji (paired
sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan mengelola emosi siswa setelah diberikannya layanan
konseling kelompok dengan terapi menulis (writing therapy). hal ini dapat terlihat
dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -19.067. Artinya terdapat pengaruh
terhadap kemampuan mengelola emosi siswa sebelum dan sesudah diberikannya
layanan konseling kelompok dengan terapi menulis (writing therapy) untuk
meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMAN 1 Tebing
Tinggi Kabupaten Empat Lawang.
Kata kunci : kemampuan mengelola emosi, konseling kelompok, terapi menulis
(writing therapy)

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:07
Last Modified: 22 Sep 2023 08:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16236

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200