Okta, Darmansa and M., Darudin and Adi, Bastian Salam (2020) IKLAN PERJUDIAN PADA MEDIA SOSIAL DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![tesis [thumbnail of tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KASET.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Iklan merupakan salah satu cara mempromosikan suatu barang atau jasa dengan melalui media
elektronik dan media sosial. Iklan dilakukan dari dua (2) orang yang membuat perjanjian dengan
kata sepakat dalam suatu barang atau jasa. Iklan ini terdiri dari tiga (3) media antara lain media
cetak, media audio, media online. Dalam iklan di media sosial terdapat iklan perjudian seperti
permainan judi bola dan poker. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa bentuk dan jenis
iklan perjudian pada media sosial dan bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap iklan
perjudian dalam media sosial. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pandangan Hukum Islam terhadap iklan perjudian dalam media sosial. Dalam penelitian ini,
penulis mengggunakan metode penelitian hukum empiris yang dilakukan dengan cara
pendekatan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk iklan
perjudian dalam media sosial ini ada dua bentuk yaitu, direct advertising, media sosial
advertising, yang mana dua bentuk iklan ini terdapat perjudian dengan jenis yang sama seperti
poker online, judi bola, sabung ayam online dan permainan yang lainnya. dan pandangan hukum
islam dikatakan haram hasilnya maupun yang mempromosikan mendapatkan dosa besar. Karena
berdasarkan Al-Qur‟an dan Hadist, juga sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia No 24 Tahun
2017 tentang Hukum dan pedoman Bermuamalah melalui media sosial. Upaya yang dilakukan
oleh ulama telah dilakukan dalam membuat fatwa untuk media sosial, tetapi hasilnya belum
berjalan optimal karena masih banyak yang belum ada kesadaran diri untuk bijak dalam media
sosial itu.
Kata Kunci: Iklan, Perjudian, Upaya Meningkatkan, Media Sosial
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | irma rohayu |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:35 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16306 |