Aprizah, Aprizah and Loesida , Roeliana and Kahar, Hakim (2011) ANALISIS ETIKA PELAYANAN PEGAWAI BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK KEMAHASISWAAN PERENCANAAN DAN SISTEM INFORMASI (BAAKPSI) UNIVERSITAS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![APRIZAH-2.pdf [thumbnail of APRIZAH-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
APRIZAH-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Etika Pelayanan Pegawai Biro Administrasi Akademik
Kemahasiswaan Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI) Universitas Bengkulu.
Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana etika pelayanan pegawai Biro
Administrasi Kemahasiswaan Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI)
Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data
selanjutnya mendeskripsikan tentang etika pelayanan pegawai Biro Administrasi
Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI) Universitas
Bengkulu. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data yang di perlukan, dilakukan
dengan teknik Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik kualitatif, sasaran penelitian yang terdiri dari informan yang
merupakan pegawai Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan
Sistem Informasi (BAAKPSI) Universitas Bengkulu sebanyak 13 orang dan mahasiswa
15 orang. Dalam penelitian ini hanya ada satu variabel yakni etika pelayanan pegawai.
Untuk mengukur etika peneliti mengunakan aspek-aspek penelitian yaitu dapat diukur
melalui: Semua fasilitas universitas hanya digunakan untuk kepentingan institusi yang
berupa semuanya digunakan untuk kepentingan atau penunjang dalam memberikan
pelayanan yang baik kepada mahasiswa, dosen, sesama karyawan, dan kepada
masyarakat. Aspek yang ke dua yaitu mentaati jam kerja dan ketentuan lainya yang
berupa keberadaan pegawai ditempat kerja pada saat mahasiswa, dosen, sesama
karyawan dan masyarakat yang ingin berurusan. Aspek yang ke tiga yaitu memberikan
pelayanan sebaik-baiknya yakni berupa sikap pegawai dalam melayani serta tindakan
pegawai dalam memberikan kepuasan pelayanan. Kemudian aspek yang terakhir adalah
pegawai tidak dibenarkan melakukan pekerjaan yang bukan merupakan tanggung
jawabnya atau kewenangannya yakni berupa ketepatan dalam melaksanakan tugas
sesuai dengan jabatannya masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika
pelayanan pegawai pada Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan Perencanaan
dan Sistem Informasi (BAAKPSI) Universitas Bengkulu sudah cukup baik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Nov 2013 04:45 |
Last Modified: | 19 Nov 2013 04:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1638 |