ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERBANTUAN QUIZIZZ DI SMAN 9 KOTA BENGKULU

Viani, Dwi Okta and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERBANTUAN QUIZIZZ DI SMAN 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI DWI OKTA VIANI_A1D018033_BERKAS PERPUS UNIB.pdf] Text
SKRIPSI DWI OKTA VIANI_A1D018033_BERKAS PERPUS UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, reliabilitas, dan tingkat
kesukaran soal yang dirancang sebagai instrument tes dan untuk mendeskripsikan
tentang pemahaman konsep peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian deskriptif dengan populasi peserta didik kelas X MIPA
SMAN 9 Kota Bengkulu pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel uji coba dalam
penelitian ini adalah kelas X MIPA 3, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas
X MIPA 1 dan X MIPA 2. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data
dalam penelitian ini adalah pemberian soal tes objektif melalui aplikasi Quizizz
yang mencakup ranah kognitif dan dianalisis berdasarkan persentase jawaban benar
peserta didik pada aplikasi Quizizz. Analisis tingkat kevalidan, reliabilitas, dan
tingkat kesukaran soal dilakukan dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 25.
Berdasarkan hasil penelitian, instrumen soal tes dinyatakan valid, memiliki
reliabilitas tinggi yaitu sebesar 0,701, dan tingkat kesukaran seluruh soal termasuk
ke dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep peserta didik
pada materi ekosistem diperoleh rata-rata pemahaman konsep sebesar 57,28%. Hal
ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep peserta didik berada pada
kategori sedang. Indikator pemahaman konsep dengan kategori tertinggi yaitu
indikator menafsirkan dengan persentase sebesar 84% dan indikator pemahaman
konsep terendah yaitu indikator menjelaskan dengan persentase 41%. Sedangkan
persentase indikator pemahaman konsep lainnya yaitu indikator mencontohkan
sebesar 59%, indikator membandingkan sebesar 47%, indikator menyimpulkan
sebesar 52%, indikator merangkum sebesar 45% kategori sedang. Serta indikator
mengklasifikasi sebesar 73% dengan tingkat kategori tinggi.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Quizizz, Ekosistem, Tes Kognitif, Evaluasi
pembelajaran biologi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:27
Last Modified: 27 Sep 2023 01:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16395

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200