Harahap, Meliani and Alexon, Alexon and Abdul, rahman (2022) PENERAPAN LKPD IDENTIFIKASI JENIS CAPUNG MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI CD MELIANI HARAHAP (A1D018054).pdf [thumbnail of SKRIPSI CD MELIANI HARAHAP (A1D018054).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI CD MELIANI HARAHAP (A1D018054).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (18MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan LKPD Identifikasi Jenis Capung
menggunakan model Discovery Learning pada materi keanekaragaman hayati
jenis capung terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah
lanjutan penelitian pengembangan (Research and Devolopment) yaitu
implementasi LKPD identifikasi jenis capung dengan menggunakan metode Quasi
Eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA sebanyak 2 kelas yaitu
kelas eksperimen dan kelas kontrol SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Instrumen
penelitian terdiri dari intrumen tes berupa soal pretest dan posttest untuk melihat
keefektifan hasil belajar kognitif (C1-C4) menggunakan uji-t dengan hasil 0,297
pada pretest menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dan 0,01 pada
posttest yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan pada masing�masing kelompok, serta uji N-gain dengan hasil 0,738 dengan kriteria tinggi pada
kelas eksperimen dan 0,499 dengan kriteria sedang pada kelas control, dan
instrument non tes untuk melihat respon siswa terhadap keterlaksaan LKPD
Identifikasi Jenis Capung dengan hasil pada aspek ketertarikan 90% siswa setuju
dan 10% siswa tidak setuju, pada aspek materi 83,3% siswa setuju dan 16,7%
siswa tidak setuju, pada aspek bahasa 93,3% siswa setuju dan 6,7% siswa tidak
setuju, pada aktifitas mengajar guru dengan hasil 93,7% dengan kriteria baik dan
pada aktifitas siswa saat pembelajaran dengan hasil 92,1% dengan kriteria baik.
LKPD Identifikasi Jenis Capung menggunakan model Discovery Learning
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : LKPD, Discovery Learning, Keanekaragaman Hayati, Capung
(Odonata), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 04:05 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 04:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16423 |