SARI, TEIYA NOVITA and Alexon, Alexon and Abdul, rahman (2022) PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi UNIB_Teiya Novita Sari_A1D018055.pdf [thumbnail of Skripsi UNIB_Teiya Novita Sari_A1D018055.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi UNIB_Teiya Novita Sari_A1D018055.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan perangkat pembelajaran
dengan model PBL pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas X IPA 4 SMAN 8 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri
dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti)
dan seluruh peserta didik kelas X IPA 4 SMAN 8 Kota Bengkulu. Variabel
penelitian ini adalah model pembelajaran PBL, aktivitas belajar belajar peserta
didik, aktivitas pembelajaran dari guru dan hasil belajar peserta didik. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan tes.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi
dan lembar tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata- rata
yaitu 21 (Cukup), dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 27,5 (Baik). Hasil
analisis data aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 21,5
(Cukup), pada siklus II skor aktivitas peserta didik menjadi 26,5 (Baik). Data hasil
belajar peserta didik meningkatkan hasil belajar baik itu ranah kognitif,afektif dan
psikomotorik. Hasil belajar ranah kognitif dianalisis berdasarkan kategori
ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh persentase ketuntasan 68,8% (Belum
tuntas) pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Ranah psikomotorik pada
siklus I diperoleh hasil 8,91 dengan kategori (Cukup) dan meningkat di siklus II
dengan perolehan rata-rata 10,3 dengan kategori (Baik). Ranah afektif peserta
didik siklus I diperoleh skor 9,69 dengan kriteria (Baik) sedangkan pada siklus II
diperoleh skor 10,5 dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa perangkat pembelajaran berbasis model PBL dapat meningkatkan
kemampuan peserta didik memecahkan masalah.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran PBL, Hasil Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 04:05 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 04:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16429 |