ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM QUICK WIN (KEBERHASILAN SEGERA) DALAM BIDANG PELAYANAN SIM, STNK, BPKB PADA KANTOR SAMSAT BENGKULU

Kristina Tampubolon, Gusti and Sugeng, Suharto and Loesida , Roeliana (2011) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM QUICK WIN (KEBERHASILAN SEGERA) DALAM BIDANG PELAYANAN SIM, STNK, BPKB PADA KANTOR SAMSAT BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of GUSTI KRISTINA TAMPUBOLON-2.pdf] Text
GUSTI KRISTINA TAMPUBOLON-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (907kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Quick
Win dalam bidang pelayanan SIM, STNK, BPKB pada kantor Samsat
Bengkulu. Samsat merupakan gabungan dari 3 instansi yaitu Dispenda, Jasa
Raharja dan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Bengkulu. Penelitian ini
bertempat pada kantor Samsat dikarenakan bidang pelayanan SIM, STNK,
BPKB di kepalai oleh Kasubdit Minregident yang berada dibawah
DITLANTAS Polda Bengkulu. Kepolisian melaksanakan program Quick Win
dimulai sejak Januari 2009, pelaksanaan program Quick Win ini adalah
salah satu bentuk reformasi birokrasi yang dilakukan Polri yaitu untuk
menjadikan lembaga ini memiliki birokrasi yang efektif, efisien, transparan,
akuntabel dan menerapkan konsep Good Governance. Program Quick Win
yang dilaksanakan Kepolisian Daerah Bengkulu khususnya Direktorat Lalu
lintas Polda Bengkulu adalah pelayanan SIM, STNK, BPKB. Penelitian ini
dilakukan
satu
bulan
terhitung
sejak
bulan
Agustus-September
2010.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis
deskriptif, dan teknik sampel yang dipilih adalah Purposive Sampling.Aspek
penelitian yang digunakan terbagi menjadi 4 aspek yaitu Sosialisasi Program
Quick Win, Mekanisme Penerbitan SIM, STNK, BPKB, Waktu, dan Biaya.
Hasil penelitian dilapangan telah menggambarkan seputar pelaksanaan
program Quick Win yaitu menjawab aspek- aspek dari penelitian, sosialisasi
program Quick Win hanya dilaksanakan untuk aparat Kepolisian dan
masyarakat hanya mendapatkan hasilnya saja, selanjutnya mekanisme
penerbitan SIM, STNK, BPKB. Penulis melihat pelayanan yang dilaksanakan
sesuai dengan Standar Operating Prosedur, pelaksanaan program Quick Win
dalam bidang pelayanan SIM, STNK, BPKB dan tidak menutup kemungkinan
terjadinya ketidakteraturan dalam pelayanan oleh berbagai faktor.Pada aspek
waktu petugas sudah berusaha semaksimal mungkin mencapai target
dengan menggunakan sarana Komputer untuk mengolah data pemohon,
untuk biaya pemohon dikenakan biaya sesuai dengan PP 50 tahun 2010
tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang
Berlaku Tanggal 25 Mei 2010. Pelaksanaan program Quick Win yang
diterapkan dalam rangka menciptakan sebuah birokrasi efektif, efisien,
transparan, dan akuntabel seperti Motto Direktorat Lalu LintasPolda Bengkulu
“Kami memang belum sempurna tapi kami tetap berusaha”.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Nov 2013 05:18
Last Modified: 19 Nov 2013 05:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item
View Item