PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI AJAR SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF)

Apriska, Herlina and Rendy, Wikrama Wardana and Sutarno, Sutarno (2022) PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI AJAR SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI HERLINA APRISKA (A1M018042).pdf] Text
SKRIPSI HERLINA APRISKA (A1M018042).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk menghasilkan Handout
berbasis model pembelajaran kontekstual dan kooperatif (KOKO) pada materi
sistem organisasi kehidupan yang layak berdasarkan validasi ahli dan uji
keterbacaan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah
model 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design
(perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap dissemintation
(penyebarluasan). Pada tahap define dilakukan analisis Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), analisis bahan ajar serta analisis kebutuhan guru dan siswa
terhadap Handout. Tahap design terdiri atas perancangan produk Handout dan
perancangan instrumen angket dan lembar review yang dibutuhkan pada tahap
define. Pada tahap development terdiri atas pengembangan produk bahan ajar
Handout serta pengembangan instrumen untuk mengevaluasi produk serta
dilakukannya. Selanjutnya tahap dissemintation yaitu tahap penyebarluasan skala
terbatas kepada 20 siswa kelas VII dan 2 orang guru IPA SMPN 1 Kota Bengkulu
untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap produk Handout yang telah
dikembangkan. Selanjutnya membuat dan mempublikasikan artikel ilmiah pada
jurnal nasional. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji keterbaacaan produk
diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek kelayakan aspek materi sebesar 87%
dengan kategori sangat layak, aspek bahasa sebesar 87% dengan kategori sangat
layak dan aspek media sebesar 78% dengan kategori layak. Hasil dari validasi
tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 84% dengan kategori sangat layak.
Hasil uji keterbacaan produk oleh siswa, diperoleh persentase skor rata-rata pada
aspek tampilan sebesar 87% dengan kategori sangat layak, aspek penyajian materi
sebesar 84% dengan kategori sangat layak, diperoleh persentase skor rata-rata 84%
dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh hasil rata-rata
keseluruhan sebesar 85% dengan kategori sangat layak. Validasi dan uji
keterbacaan yang telah dilakukan oleh ahli dan siswa dapat disimpulkan bahwa
Handout yang dikembangkan sudah “sangat layak” untuk dilanjutkan pada tahap
uji lapangan.
Kata kunci : Penelitian dan Pengembangan, Handout, Pembelajaran KOKO

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:32
Last Modified: 09 Oct 2023 01:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item
View Item