Efendi, Zulman (2007) PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK PENINGKATAN KINERJA INDUSTRI KECIL BAKSO SAPI BERDASARKAN KEPUASAN PELANGGAN. JSPI, 2 (2). pp. 85-91. ISSN 1978 - 3000
08-Zulman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji preferensi konsumen dalam mengambil keputusan tentang pemilihan produk bakso,
pelayanan industri bakso dan desain restoran bakso. Analisis QFD digunakan untuk mengelaborasi struktur
mekanisme dalam memutuskan keperluan konsumen pada industri bakso karena tidak adanya standarisasi
kualitas bakso berdasarkan preferensi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga level
atribut penting bagi konsumen: 1) kulitas organoleptik (flavor, rasa, warna, tekstur, kegurihan), 2)
ketersediaan bulatan bakso dan 3) ukuran bulatan bakso.. Ada tiga performan penting yang sangat dipilih
oleh konsumen: 1) kualitas organoleptik, 2) bulatan bakso, 3)kebersihan lingkungan. Oleh karena itu ada tiga
perubahan performans yang penting: 1) sikap karyawan (komunikasi, empati dan sosialisasi), 2) sirkulasi
udara yang baik, 3) sambutan bagi pengunjung. Namun demikian, analisis Normalisasi Skala Kepentingan
Konsumen (NSKK) menunjukkan adanya tiga hal penting yang harus diutamakan: 1) komunikasi, 2) empati
karyawan, 3) hieginitas toilet. Terdapat tiga tindakan teknis yang perlu dilakukan: 1) meningkatkan
pengetahuan karyawan tentang motto: tamu adalah raja, 2) menjaga dan memperbaiki fasilitas dan fasilitas
dasar terus menerus, 3) memperbaiki keterampilan karyawan untuk melayani tepat waktu.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Journal |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 06 May 2012 23:45 |
Last Modified: | 06 May 2012 23:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/168 |