Oktavitriani, Oktavitriani and Bhakti, Karyadi and Indra, Sakti (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERORIENTASI PADA PEMECAHAN MASALAH SMPN 4 KOTA BENGKULU KELAS VIII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI OKTAVITRIANI ok.pdf [thumbnail of SKRIPSI OKTAVITRIANI ok.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI OKTAVITRIANI ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa
berorientasi pada pemecahan masalah SMP N 4 Kota Bengkulu kelas VIII pada
materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMP N 4 Kota
Bengkulu dengan jumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data penelitian
menggunakan instrumen tes berupa soal essay sebanyak lima butir soal pada
materi pencemaran lingkungan. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk
menganalisis data yaitu pengolahan statistic deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan kemampuan berpikir kritis pada indikator memberikan penjelasan
sederhana memiliki persentase sebesar 83,79% dengan kriteria sangat baik,
indikator membangun keterampilan dasar memiliki persentase sebesar 76,34%
dengan kriteria baik, indikator menyimpulkan memiliki persentase sebesar 80,64%
dengan kriteria sangat baik, indikator memberikan penjelasan lanjut memiliki
persentase sebesar 62,36% dengan kriteria baik, dan indikator mengatur strategi
dan teknik memiliki persentase sebesar 59,13% dengan kriteria cukup.
Kemampuan berpikir kritis siswa berorientasi pada pemecahan masalah kelas VIII
SMP N 4 Kota Bengkulu secara keseluruhan memiliki hasil persentase sebesar
72,45% yang termasuk pada kriteria “Baik”, Artinya siswa telah memahami materi
tentang pencemaran lingkungan yang telah dipelajari, sehingga siswa dapat
menjawab soal dengan baik dan benar sesuai dengan indikator berpikir kritis dalam
pemecahan masalah.
Kata kunci: berpikir kritis, pencemaran lingkungan, pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Science Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 02:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16851 |