ARTANIA, RIFA and Indra, Sakti Lubis and Henny, Johan (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PADA JERUK KALAMANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 11 KOTA BENGKULU. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI RIFA ARTANIA kaset.pdf [thumbnail of SKRIPSI RIFA ARTANIA kaset.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RIFA ARTANIA kaset.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran IPA berbasis
STEM terintegrasi kearifan lokal pada jeruk kalamansi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di
dua kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling
yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh siswa kelas VIII H sebagai kelas uji coba
(eksperimen) dan siswa kelas VIII G sebagai kelas pembanding (kontrol). Jumlah siswa yang terlibat sebanyak
36 siswa yang terdiri dari 18 siswa dari kelas VIII G dan 18 siswa dari kelas VIII H. Jenis penelitian ini adalah
Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes untuk hasil belajar IPA. Hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara siswa yang menggunakan model project based learning (PjBL)dengan model discovery
learning, yaitu hasil uji-t pada thitung sebesar 1.59 kurang dari ttabel sebesar 2.120. Sehingga Ho diterima dan
Ha ditolak. Hasil ini juga memperkuat bahwa kedua kelas homogen, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua
kelas mempunyai kemampuan yang sama.
Kata kunci : PjBL, STEM, kalamansi, siswa
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Science Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:39 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16866 |