GINTING, ALIYA MONIKA BR and Saleh, Haji and Hari, Sumardi (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD BERBANTUAN MIND MAPPING DI KELAS 8 SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![ALIYA MONIKA BR GINTING_A1C018056_PENDIDIKAN MATEMATIKA_SKRIPSI.pdf [thumbnail of ALIYA MONIKA BR GINTING_A1C018056_PENDIDIKAN MATEMATIKA_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ALIYA MONIKA BR GINTING_A1C018056_PENDIDIKAN MATEMATIKA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir
reflektif peserta didik melalui model Cooperative Learning tipe STAD berbantuan
Mind Mapping di Kelas 8 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The
Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.
Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G yang berjumlah 23
orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H berjumlah 19 orang sebagai
kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian dilakukan 3 kali pertemuan pembelajaran
untuk masing-masing kelas sampel. Data hasil penelitian menunjukkan untuk
hasil belajar menggunakan uji-t didapatkan nilai
maka disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir reflektif
peserta didik melalui model Cooperative Learning Tipe STAD berbantuan Mind
Mapping di kelas 8 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Berpikir Reflektif, Cooperative Learning Tipe STAD, Mind Mapping
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 01:35 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 01:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16886 |