EPRAN, EPRAN and Teddy, Alfra Siagian and Tria, Utari (2022) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C018012_EPRAN_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C018012_EPRAN_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C018012_EPRAN_SKRIPSI.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta faktor�faktor penyebab yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian
aritmetika sosial pada materi keuntungan dan kerugian. Jenis penelitian ini adalah
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan tes diagnostik dan wawancara diagnostik. Subjek penelitian ini ialah
kelas VII-B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 peserta didik. Tes
diagnostik berupa ujian tertulis yang terdiri dari 3 soal uraian yang telah valid
berdasarkan validasi oleh validator dengan perhitungan Aiken’s V. Tes diagnostik
diberikan kepada seluruh peserta didik, sedangkan wawancara diagnostik dilakukan
kepada peserta didik yang melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal tes yang
diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jenis-jenis kesalahan yang
dilakukan peserta didik berupa kesalahan konsep dengan rata-rata 22,7% ,
kesalahan interpretasi bahasa dengan rata-rata 29,3%, kesalahan prosedur dengan
rata-rata 69% , dan kesalahan berhitung dengan rata-rata 63%, 2) faktor penyebab
yang dilakukan peserta didik sehingga melakukan kesalahan pada saat mengerjakan
soal tes yang diberikan yaitu, faktor internal sebesar 60% yakni intelegensi, minat,
motivasi serta kesehatan, serta faktor eksternal 48% yakni, lingkungan, sarana
sekolah, dan keluarga.
Kata Kunci : Deskriptif, Diagnosis Kesalahan Siswa, Kualitatif, Soal Uraian.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16889 |