ANJASARI, VESI and Ringki, Agustinsa and Nurul, Astuty Yensy (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 12 LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C018017_Vesi Anjasari_Skripsi,.pdf [thumbnail of A1C018017_Vesi Anjasari_Skripsi,.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C018017_Vesi Anjasari_Skripsi,.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem
based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP
Negeri 12 Lebong. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen
semu dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri12 Lebong
tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas
VIIA yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah
yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMP
Negeri 12 Lebong.
Kata Kunci: Eksperimen Semu, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan
Masalah.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:48 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16896 |