YOLA, SONYA VERA and Nurul, Astuty Yensy B and Teddy, Alfra Siagian (2022) PENGEMBANGAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
A1C018036_SONYA VERA YOLA_SKRIPSI_2022.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD model Problem Based
Learning berorientasi pemecahan masalah matematis untuk peserta didik kelas VIII
yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop, dan
disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H dan VIII B.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD model PBL berorientasi pemecahan
masalah matematis untuk peserta didik kelas VIII memenuhi kriteria: (1) Valid
berdasarkan kecenderungan hasil penilaian validator pada aspek materi, konstruksi,
dan bahasa. (2) Praktis berdasarkan kecenderungan penilaian kepraktisan oleh
peserta didik. (3) Efektif berdasarkan ketuntasan klasikal peserta didik yaitu
81,84% atau 22 dari 27 peserta didik telah memperoleh skor ≥ 68, berdasarkan uji
t-paired test yaitu nilai p-value 0,000 < 0,05, dan peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan nilai N-Gain yaitu 0,72
dengan kategori tinggi.
Kata Kunci: LKPD, Pemecahan Masalah Matematis, Penelitian Pengembangan,
Problem Based Learning
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | 034 Septi Septi |
| Date Deposited: | 11 Oct 2023 04:28 |
| Last Modified: | 11 Oct 2023 04:28 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16902 |

