PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS TAHAPAN POLYA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

MASITOH, SITI and Nurul, Astuty Yensy and Tria, Utari (2022) PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS TAHAPAN POLYA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C018046_SKRIPSI_SITI MASITOH_2022.pdf] Text
A1C018046_SKRIPSI_SITI MASITOH_2022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul dengan model
Creative Problem Solving berbasis tahapan Polya pada materi bangun ruang sisi
datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan
model pengembangan 4-D Thiagarajan, adapun tahapannya meliputi: tahap
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan
penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar
kepraktisan, dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) modul berkategori valid berdasarkan kecenderungan hasil
penilaian dari validator materi, konstruksi, dan bahasa, (2) modul berkategori
praktis berdasarkan kecenderungan penilaian kepraktisan dari responden dengan
nilai perhitungan kepraktisan mencapai 81,25%, (3) keefektifan modul berdasarkan
nilai N-Gain mencapai 60,02% yang berada pada kategori cukup efektif dan
didukung oleh uji t-paired test dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 yang berarti modul
berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Kata kunci: Creative Problem Solving, Modul, Penelitian Pengembangan, Tahapan
Polya.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:43
Last Modified: 11 Oct 2023 04:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16903

Actions (login required)

View Item
View Item