SHAFFITRI, NADIYYA and Teddy, Alfra Siagian and Nurul, Astuty Yensy (2022) PENGEMBANGAN LKPD DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C018060_Skripsi_Nadiyya Shaffitri.pdf [thumbnail of A1C018060_Skripsi_Nadiyya Shaffitri.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C018060_Skripsi_Nadiyya Shaffitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD discovery learning
berbantuan geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika di
SMPN 2 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan tahapan dari
model pengembangan 4D dengan 4 tahapan, yaitu define, design, develop, dan
disseminate. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi tahap define, lembar
validasi dan reliabilitas, lembar kepraktisan, dan lembar efektivitas. Hasil penelitian
menunjukkan kriteria kevalidan LKPD berdasarkan rata-rata penilaian sebesar
90,13% dengan kategori sangat valid. Pada kriteria kepraktisan LKPD yang
dikembangkan berdasarkan hasil penilaian peserta didik dengan rata-rata 87,81%
yang berada pada kategori sangat praktis. Hasil efektivitas LKPD diperoleh dari
analisis N-Gain Score sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Simpulan penelitian
pengembangan LKPD discovery learning berbantuan geogebra dikategorikan
valid, praktis, dan efektif digunakan oleh peserta didik untuk meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematika terkhusus pada materi kubus dan
balok.
Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, Discovery Learning, Geogebra,
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 06:43 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 06:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16905 |