HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA IDHATA KOTA BENGKULU

Ranayuni, Desti and Machyudin, Agung and Khairil, Buldani (2010) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA IDHATA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of DESTY RANAYUNIi.pdf] Text
DESTY RANAYUNIi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara
guru dengan siswa, mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMA Idhata
Kota Bengkulu dan mengetahui hubungan komunikasi interpersonal guru dengan
peningkatan prestasi belajar siswa SMA Idhata Kota Bengkulu. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode
penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Idhata
Kota Bengkulu tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 53 orang. Penentuan
sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling, dimana seluruh
populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik
penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan
bantuan pengukuran dengan skala Likert, dan untuk pengujian hipotesis
menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian diketahui bahwa
Pada umumnya komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru SMA Idhata
Kota Bengkulu dapat dikatakan sedang/cukup baik, dimana intensitas komunikasi
yang dilakukan oleh guru dengan anak, pesan yang disampaikan, sikap menerima,
empati terhadap permasalahan anak, dan dukungan guru terhadap penyelesaian
masalah anak yang telah berjalan dengan cukup baik. Peningkatan prestasi belajar
secara umum telah cukup baik/sedang, dimana kemampuan mengingat,
kemampuan memahami, kemampuan penerapan, menganalisa, menanggapi,
meniru, dan melakukan tugas sesuai prosedur dapat berjalan dengan baik.
Terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan prestasi siswa
SMA Idhata Kota Bengkulu, dengan hasil hitung t hitung sebesar 3,20, sementara
t tabel 2,008. Adapun tingkat hubungan antara komunikasi interpersonal guru
dengan prestasi siswa SMA Idhata Kota Bengkulu rendah atau lemah, tapi pasti.
Komunikasi interpersonal guru memberikan sumbangan keterlibatan/pengaruh
sebesar 30% terhadap variabel prestasi siswa SMA Idhata Kota Bengkulu.
Sementara sisanya sebesar 70% berhubungan dengan faktor lain di luar penelitian
ini.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Nov 2013 10:36
Last Modified: 19 Nov 2013 10:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200