SOLIYA, DAMAR and Teddy, Alfra Siagian and Tria, Utari (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Damar Soliya (A1C018061).pdf [thumbnail of Skripsi_Damar Soliya (A1C018061).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Damar Soliya (A1C018061).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Discovery Learning
pada Materi Garis dan Sudut di Kelas VII SMP N 11 Kota Bengkulu yang
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan dengan menerapkan 4 tahapan model pengembangan 4D, yaitu
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan
penyebaran (disseminate). Instrument penelitian terdiri dari lembar validitas,
lembar kepraktisan dan soal tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Validasi LKPD dilakukan oleh tiga orang validator. Hasil penelitian menunjukan
bahwa pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning termasuk dalam
kategori : (1) valid berdasarkan 37 aspek penilaian yang terdiri dari 10 aspek
penilaian materi, 19 aspek penilaian kontruksi dan 8 aspek penilaian bahasa dengan
rata-rata skor 0,79 berada pada kategori baik. (2) Sangat praktis dari 15 aspek
penilaian dengan rata-rata skor 4,3 berada pada kategori sangat baik. (3) Efektif dari
hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu minimal 80% dengan
memperoleh nilai ≥ 70 dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis
menggunakan N-Gain sebesar 0,7568 berada pada kategori “tinggi”.
Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 09:12 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 09:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16941 |