ILLAHI, KURNIA and Nurul, Astuty Yensy B and Teddy, Alfra Siagian (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PEMECAHAN MASALAH LANGKAH POLYA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_KURNIA ILLAHI.pdf [thumbnail of SKRIPSI_KURNIA ILLAHI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_KURNIA ILLAHI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik
pemecahan masalah langkah polya berbasis model discovery learning pada materi
lingkaran SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 3 tahapan dari model
pengembangan 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan.
Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan tes
kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menghasilkan lembar
kerja peserta didik pemecahan masalah langkah polya berbasis model discovery
learning pada materi lingkaran SMP memenuhi kriteria: (1) Valid berdasarkan 36
aspek penilaian yang terdiri dari 14 aspek penilaian materi , 15 aspek penilaian
konstruksi, dan 7 aspek penilaian bahasa dengan memperoleh kecendrungan pada
kategori valid. (2) Praktis berdasarkan 14 aspek penilaian dengan memperoleh
kecendrungan pada kategori praktis. (3) Efektif berdasarkan ketuntasan belajar
peserta didik secara klasikal yaitu sebesar 84% peserta didik yang tuntas dengan
memperoleh nilai ≥ 70 dan hasil perhitungan N-gain kemampuan pemecahan
masalah matematis dengan rata-rata N-gain 0,712 berada pada kategori “Tinggi”.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan, Discovery
Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 01:29 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 01:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16944 |