OKTAVIA, RISKA and Hari, Sumardi and Zamzaili, Zamzaili (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI 12 LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_RISKA OKTAVIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari
hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran
Ekspositori di Kelas VIII SMP Negeri 12 Lebong. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest Only
Control Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMPN 12 Lebong tahun pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan
menggunakan teknik simple random sampling untuk kelas VIII sehingga
diperoleh siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 20 orang
siswa dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VIII
A sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 20 orang siswa dengan perlakuan
model pembelajaran Ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi secara signifikan dari hasil
belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori di
kelas VIII SMPN 12 Lebong, dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung =
2,417 > ttabel = 1,686 dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Rata-rata hasil belajar
siswa kelas Jigsaw adalah 68 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas Ekspositori
adalah 57,83.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,
Pembelajaran Ekspositori.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | 034 Septi Septi |
| Date Deposited: | 13 Oct 2023 03:02 |
| Last Modified: | 13 Oct 2023 03:02 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16954 |

