PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

MARTUCILIA, WENNY and Ringki, Agustinsa and Tria, Utari (2022) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_WENNY MARTUCILIA_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf] Text
SKRIPSI_WENNY MARTUCILIA_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran
Discovery Learning dan metode Ekspositori terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu pada materi bangun ruang sisi
datar. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu penelitian
eksperimen semu (quasi eksperiment research) dengan desain the nonequivalent
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa SMP Negeri 3 Kota Bengkulu dengan dua kelas sampel yang dipilih melalui
purposive sampling yaitu kelas VIII 4 (kelas eksperimen) dan VIII 5 (kelas
kontrol) yang berjumlah masing-masing 30 orang. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode tes hasil belajar. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar
54,4 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 34,0. Hasil dari pengujian
hipotesis diperoleh nilai sehingga dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota
Bengkulu pada materi bangun ruang sisi datar dengan model Discovery Learning
lebih baik dari hasil belajar matematika metode Ekspositori.
Kata Kunci : Discovery Learning, Ekspositori, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:22
Last Modified: 13 Oct 2023 03:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16956

Actions (login required)

View Item
View Item