Mulyani, Intan and Didik, Suryadi and Indrawati, Indrawati (2022) Tingkat Keterampilan Sosial Anak Kelompok B TK Se-gugus Kembang Sepatu Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Intan Mulyani A1I017054 Fiks.pdf [thumbnail of Skripsi Intan Mulyani A1I017054 Fiks.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Intan Mulyani A1I017054 Fiks.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keterampilan Sosial Anak Kelompok B TK Se-gugus
Kembang Sepatu Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis metode
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 144 orang anak, dan pengambilan sampel
menggunakan metode proporsive random sampling, dengan jumlah 44 orang anak. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket atau kuisoner dan dianalisis menggunakan analisis rumus
nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan sosial anak dalam kriteria
baik, namun pada perilaku yang berhubungan dengan kesuksesan akademis masih dalam kriteria
kurang. Sedangkan pada perilaku interpersonal, perilaku yang berhubungan dengan diri sendiri,
perilaku keterampilan komunikasi dalam kriteria baik. Pada perilaku peer acceptance (penerimaan
teman sebaya) dalam kriteria sangat baik. Artinya anak mampu bersosialisasi dilingkungan secara
baik. Disarankan untuk guru agar dapat meningkatkan keterampilan sosial anak dan untuk orang tua
disarankan agar lebih mengarahkan anak untuk berperilaku sosial dengan baik, sehingga dapat
tercapainya tujuan bersama.
Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 07:33 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 07:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16992 |