PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19

Riliani, Uci and Mona, Ardina and Melia, Eka Daryati (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI UCI RILIANI_PG PAUD UNIB.pdf] Text
SKRIPSI UCI RILIANI_PG PAUD UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Meningkatkan
Minat Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19 di PAUD Se-Kecamatan Pendopo Kabupaten
Empat Lawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru di PAUD Se-Kecamatan Pendopo sebanyak 30 orang.
Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total atau total sampling, sebanyak 30
sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan
rumus statistik dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam
meningkatkan minat belajar anak selama masa pandemi covid-19 secara keseluruhan berada
pada kategori baik. Peran guru pada aspek sebagai demonstator, aspek fasilitator dan aspek
evaluator berada pada kategori baik, artinya telah melaksanakan perannya dengan baik. Pada
aspek mediator dan aspek pengelola kelas berada pada kategori cukup, artinya guru telah
melaksanakan perannya dengan cukup. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan
penelitian lebih mendalam lagi tentang peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak
terutama peran guru sebagai menyediakan pengelola kelas dan mediator.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:07
Last Modified: 23 Oct 2023 07:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17080

Actions (login required)

View Item
View Item