Handayani, Miti and Azhar, Marwan and Susri , Adeni (2011) TEKNIK KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP ANAK PENYANDANG AUTIS (Studi pada Keluarga Anak Penyandang Autis di Sekolah Khusus dan Layanan Khusus Mutiara Bunda Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![SKRIPSI MITI HANDAYANI-2.pdf [thumbnail of SKRIPSI MITI HANDAYANI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MITI HANDAYANI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Orang tua adalah komponen keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu, dan
merupakan hasil dari sebuah ikatan perkawinan yang sah yang dapat membentuk
sebuah keluarga. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh,
membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan
anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat. Orang tua yang memiliki anak
normal tentunya berbeda dengan orang tua yang memiliki anak kebutuhan khusus
seperti autis. Upaya yang dilakukan orang tua dalam membimbing anaknya adalah
dengan meningkatkan keterampilan komunikasi. Komunikasi orang tua dengan
anak autis membutuhkan teknik khusus agar pesan yang disampaikan dapat
diterima oleh anak autis baik secara verbal maupun non verbal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi orang tua terhadap
anak autis dirumah dan untuk mengetahui hambatan yang terjadi ketika
berlangsungnya komunikasi dan interaksi orang tua pada anak autis dirumah. Data
penelitian diperoleh melalui tahapan wawancara terbuka dengan berbagai
informan, observasi dan dokumentasi hasil analisis data diuji keabsahannya dan
menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat berkomunikasi orang tua
menggunakan teknik komunikasi persuasif dan teknik komunikasi hubungan
manusiawi. Yang mana penggunaan teknik komunikasi persuasif yaitu dengan
menggunakan
media
gambar sebagai
upaya
untuk
membantu dalam
berkomunikasi, menggunakan bahasa Indonesia baku, penyampaian pesan dengan
bahasa lembut serta pengucapan yang berulang-ulang. Teknik komunikasi
hubungan manusiawi digunakan melalui kedekatan emosional berupa: sentuhan,
kontak mata, pelukan, ciuman serta memperhatikan kondisi kejiwaan anak.
Hambatan yang sering terjadi ketika orang tua berkomunikasi dengan anak autis
adalah hambatan psikologis karena kondisi anak yang tidak bisa berkomunikasi
dengan cepat, anak yang tidak bisa diam, mengamuk kalau kehendaknya tidak
tecapai. Hambatan ekologis disebabkan oleh gangguan lingkungan dalam proses
berlangsungnya komunikasi. Hambatan tersebut adalah lingkungan fisik atau
rumah yang berupa kondisi ruangan, kebisingan dari luar dan di dalam rumah.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Nov 2013 11:29 |
Last Modified: | 19 Nov 2013 11:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1713 |