RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE MARKER BASED

PUTRA, RAHMAD and Erlansari, Aan and Andreswari, Desi (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE MARKER BASED. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of [SKRIPSI]_[RAHMAD.PUTRA]_[G1A012094].pdf] Text
[SKRIPSI]_[RAHMAD.PUTRA]_[G1A012094].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini atau yang sering dikenal dengan sebutan PAUD adalah
salah satu pendidikan dasar pada anak-anak sebelum menempuh jenjang pendidikan
selanjutnya. Maka PAUD adalah sasaran terbaik untuk mengajarkan perilaku tertib
berlalu lintas sejak dini. Salah satu cara mudah untuk mengajarkan Rambu Lalu
Lintas kepada anak-anak adalah dengan menampilkan Gambar, Suara, dan Animasi.
Oleh karena itu tujuan penelitian adalah untuk membangun Aplikasi Mobile
Augmented Reality rambu lalu lintas pada anak usia dini sehingga dapat
memperkenalkan sebagian dari rambu lalu lintas yang sering dijumpai anak-anak
dijalan atau lingkungan sekitar tempat mereka bermain. Dan juga dapat
mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (Marker Based Tracking )
sebagai media pengenalan rambu di Yayasan Kemala Bhayangkari. Aplikasi ini
dibuat dengan menggunakan software Unity 3D dan bahasa pemrograman C#,
Vuforia sebagai database marker, dan UML sebagai pemodelan perancangan
perangkat lunak (software). Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi Augmented
Reality rambu lalu lintas yang dapat menampilkan 3D Rambu Lalu Lintas yang
dilengkapi Rambu, Gedung, jalan dan Mobil dengan animasi yang dapat
menggambarkan fungsi dari masing-masing rambu. Pengujian kelayakan Software
menggunakan metode White Box dan Black Box. Berdasarkan hasil pengujian tersebut
, secara fungsional aplikasi sudah sesuai, layak dan dapat digunakan sebagai media
pembelajaran Rambu Lalu Lintas di Yayasan Kemala Bhayangkari Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Augmented Reality, Rambu Lalu Lintas di Yayasan Kemala
Bhayangkari, Marker Based Tracking, Android.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:34
Last Modified: 16 Nov 2023 08:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17243

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200