YOKO, ARIBAN and Erlansari, Aan and Setiawan, Yudi (2019) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN MARKER TRACKING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BAGI SISWA TINGKAT SMA KELAS X BERBASIS ANDROID MOBILE. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Laporan.pdf [thumbnail of Laporan.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013, kurikulum ini menekankan
kepada pengalaman belajar siswa secara aktif dengan menerapkan TIK sebagai
media pembelajaran pada setiap proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk membangun aplikasi augmented reality berbasis marker tracking
sebagai media pembelajaran materi ikatan kimia untuk siswa SMA kelas X. Hasil
dari penelitian ini berupa aplikasi ARCA yang dapat menampilkan materi ikatan
kimia yang di lengkapi dengan pemodelan 3D dan penjelasan ikatan kimia,
pengujian Pretest dan Posttest yang dilakukan sebelum dan sesudah siswa
menggunakan aplikasi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi augmented reality ini
berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ikatan kimia sebesar
17,86%. Pengujian kelayakan software menggunakan metode white box dan black
box dengan beberapa requirement uji. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, secara
fungsional aplikasi sudah sesuai, layak, dan dapat digunakan sebagai media
pembelajaran materi ikatan kimia kelas X dan berada dalam katagori “Sangat
Baik”.
Kata Kunci : Augmented reality, Kimia, Materi Ikatan Kimia, Marker Based
Tracking, Android.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 08:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 08:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17247 |