KAUTSAR, NABILA HISYAMA and Seftyarizki, Debby and Ashary, Amin Shody (2023) PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA BERBASIS SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Nabila G1E018031 - Nabila Hisyama Kautsar.pdf [thumbnail of Skripsi Nabila G1E018031 - Nabila Hisyama Kautsar.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Nabila G1E018031 - Nabila Hisyama Kautsar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Keterbatasan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus mengharuskan
mereka menyandang pendidikan dengan cara dan sistem yang berbeda dengan anak
pada umumnya. Sementara itu anak berkebutuhan khusus masih perlu pendidikan
yang setara dengan anak normal. Pendidikan ini membutuhkan implementasi
khusus terhadap karakteristik siswa nya. Berdasarkan karakteristik dalam beberapa
aspek desain untuk anak berkebutuhan khusus diperlukan untuk meningkatkan
kenyamanan fisik serta psikologis penggunanya sehingga anak berkebutuhan
khusus dapat merasa aman dan nyaman dalam proses pengembangan sensomotorik
Ketika berada di lingkungan sekolah. Salah satu metode pengembangan yang
diterapkan ialah menggunakan alam sebagai alat serta tempat dalam pengembangan
sensomotorik peserta didik berkebutuhan khusus. Metode ini diharapkan dapat
menjadi media penghantar dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan
pengembangan diri anak berkebutuhan khusus.
Metode desain yang tampaknya tepat untuk diterapkan pada perancangan
sekolah ini adalah pendekatan Psikologi Arsitektur yang berfokus pada psikologi
anak berkebutuhan khusus. Penerapan psikologi arsitektur sebagai metode desain
yang digunakan di sekolah ini diolah berdasarkan karakteristik pengguna dengan
beberapa jenis kebutuhan khusus seperti tuna netra, nuta rungu, tuna grahita, dan
tuna daksa. Penerapan pendekatan psikologi arsitektur juga diletakkan pada
beberapa aspek seperti penggunaan material, penggunaan warna bangunan,
perletakkan zonasi ruang, dan pencapaian ruang
Kata kunci: Sekolah Alam, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Psikologi
Arsitektur, Disabilitas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Arsitectur Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 03:36 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 09:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17259 |