AGUSTIN, KARINA and Hardiansyah, Hardiansyah and Gunawan, Gusta (2023) UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS RUAS JALAN LETKOL ISKANDAR DAN PENAMBAHAN RUAS JALAN BARU SEBAGAI ALTERNATIF SAAT HARI BEBAS KENDARAAN DI JALAN SOEPRAPTO. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Karina Agustin_G1B018020 - Karina Agustin.pdf [thumbnail of Skripsi_Karina Agustin_G1B018020 - Karina Agustin.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Karina Agustin_G1B018020 - Karina Agustin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini memodelkan jaringan jalan di Kawasan Jalan Soeprapto dan Jalan
Jend. Sudirman Kota Bengkulu untuk mengetahui kinerja jaringan jalan akibat
putusnya ruas jalan karena diberlakukannya kebijakan hari bebas kendaraan.
Pemodelan jaringan jalan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan
skenario pembangunan jalan baru dan penambahan kapasitas jalan dengan
menggunakan software ZIN Macrosimulation. Penelitian ini diawali dengan
survei geometrik jalan dan survei arus lalu lintas di enam zona untuk
mengetahui kinerja jaringan jalan pada saat kondisi eksisting. Selain itu,
dilakukan penyebaran kuesioner penelitian kepada masyarakat yang melewati
kawasan Jalan Soeprapto dan Jalan Jend. Sudirman. Analisis kuesioner
penelitian menunjukkan bahwa responden setuju dengan rencana skenario yang
akan dilakukan. Selain itu, diperoleh arah pergerakan pengendara dalam
menentukan rute alternatif tercepat ketika ruas Jalan Soeprapto dan Jalan Jend.
Sudirman ditutup akibat kebijakan hari bebas kendaraan. Hasil analisis
pemodelan jaringan jalan kondisi eksisting dan skenario 1 menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan nilai derajat kejenuhan tertinggi pada ruas Jalan Basuki
Rahmat dan Jalan Letkol Santosa dengan nilai derajat kejenuhan yang awalnya
0,14 dan 0,16 menjadi 0,26 dengan tingkat pelayanan A. Hal ini menunjukkan
bahwa dibutuhkan solusi untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas saat
diberlakukannya kebijakan hari bebas kendaraan dikawasan jalan tersebut.
Hasil pemodelan jaringan jalan dengan modifikasi ruas jalan menunjukkan nilai
derajat kejenuhan yang lebih stabil dari nilai derajat kejenuhan pada kondisi
eksisting di lapangan. Hal ini menunjukkan bahwa jaringan jalan dengan
skenario merupakan solusi terbaik untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas
saat diberlakukannya kebijakan hari bebas kendaraan pada ruas Jalan Soeprapto
dan Jalan Jend. Sudirman.
Kata Kunci: Rute Alternatif, Hari Bebas Kendaraan, ZIN Macrosimulation,
Pemodelan Jaringan Jalan, Kinerja Jaringan Jalan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 03:16 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 03:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17320 |