ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT DAMPAK PENGALIHAN RUTE KARENA PUTUSNYA RUAS JALAN MAYJEN SUTOYO KOTA BENGKULU

PRATAMA, REYNALDI and Hardiansyah, Hardiansyah and Rosa, Khairul Amri (2023) ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT DAMPAK PENGALIHAN RUTE KARENA PUTUSNYA RUAS JALAN MAYJEN SUTOYO KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI REYNALDI PRATAMA G1B018092 - reynaldi pratama.pdf] Text
SKRIPSI REYNALDI PRATAMA G1B018092 - reynaldi pratama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Jalan Mayjen Sutoyo berstatus jalan provinsi merupakan jalan kolektor dalam
sistem jaringan jalan primer. Hal tersebut menimbulkan pergerakan arus lalu
lintas kendaraan yang tinggi akibat dari banyaknya kendaraan yang melewati
jalan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pergerakan harian,
kinerja harian pada kondisi normal dan perubahannya kinerja saat pengalihan
rute jalan terjadi, serta penangan yang dapat dilakukan untuk mengatasi
dampak yang mungkin terjadi karena pengalihan rute jalan. Penelitian ini
menggunakan software ZIN Macrosimulation yang menerapkan metode all or�nothing. Hasil pemodelan kondisi arus eksisting menggunakan ZIN
Macrosimulation diperoleh R2
sebesar 0,8097, hal ini menunjukan bahwa hasil
pemodelan arus lalu lintas telah sesuai dengan kondisi arus lalu lintas di
lapangan. Nilai Dj kondisi eksisting pada setiap ruas jalan yang diteliti adalah
berkisar antara 0,28-0,82 dengan tingkat pelayanan yang bervariasi. Saat
pengalihan rute terjadi peningkatan nilai Dj pada beberapa ruas jalan
sebesar 51%-180%, dikarenakan adanya perpindahan arus kendaraan. Hasil
dari skenario 1 pada jalan Danau, Seruni, Indragiri, dan Pembangunan
diperoleh nilai derajat kejenuhan turun berkisar antara 12%-50%. Hasil dari
skenario 2 pada jalan Danau, Pembangunan, Indragiri, Seruni, dan Flamboyan
diperoleh nilai derajat kejenuhan turun berkisar antara 14%-51%. Berdasarkan
hasil tersebut skenario 1 dan 2 dapat digunakan untuk mengatasi dampak yang
terjadi akibat pengalihan rute.
Kata - kata kunci : jaringan jalan, PKJI 2014, tingkat pelayanan, pemodelan,
ZIN Macrosimulation

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:28
Last Modified: 22 Nov 2023 02:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17369

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200