Purnama, Iesti Puspasari and Djonet, Santoso and Jatmiko, Yogopriyatno (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA RINDU HATI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADes) (Studi Kasus Desa Rindu Hati Bengkulu Tengah). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_IESTI PUSPASARI PURNAMA_D1D017087.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan desa wisata yang
dilakukan oleh Pemerintah Desa Rindu Hati dalam meningkatkan Pendapatan Asli
Desa (PADes). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Dengan tektik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Pada penelitian ini teknik pemilihan informan juga ditentukan
berdasarkan informan kunci yaitu Kepala Desa Rindu Hati, informan utama yaitu
pengurus Desa Wisata Rindu Hati, serta informan pendukung yaitu wisatawan Desa
Wisata Rindu Hati. Pada penelitian ini, Aspek penelitian diadopsi dari Yoeti, Oka.
A yaitu wisatawan (tourist), transportasi, atraksi/objek wisata, fasilitas pelayanan,
serta informasi dan promosi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada aspek
pertama telah dilakukan dengan cara memahami karakteristik wisatawan,
memahami apa yang disukai oleh para wisatawan, dan mengamati hari apa saja
wisatawan ramai berkunjung. Pada aspek kedua telah dilakukan dengan adanya
penyediaan fasilitas trasportasi lokal guna membantu kegiatan Tubing. Aspek
ketiga dilakukan dengan menyediakan apa yang dapat dilihat, apa yang dapat dibeli
dan adanya penyediaan produk unggulan yaitu Kopi Petik Merah. Pada aspek
keempat dilakukan dengan cara menyediakan fasilitas-fasilitas sarana maupun
prasarana sebagai pelengkap dari kegiatan yang ada di Desa Wisata Rindu Hati.
Dan pada aspek kelima telah dilakukan dengan cara melakukan promosi melalui
media sosial, dimana pada media promosinya berisikan informasi mengenai Desa
Wisata Rindu Hati. Dari kelima strategi yang telah dilaksanakan ataupun
dijalankan, Desa Wisata Rindu Hati ini telah berhasil menarik perhatian para
wisatawan dari berbagai daerah dan dengan adanya pengembangan Desa Wisata
Rindu Hati ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 07:01 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 07:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17444 |