Anggraini, Yusri and Lamhir, Syam SInaga and Azhar, Marwan (2010) ANALISIS PERSEPSI PENGUNJUNG TENTANG PENGGUNAAN NILAI DAYA TARIK SEKSUAL (SEX APPEAL) DALAM IKLAN POSTER TOKO SEPATU MILANO BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![YUSI ANGGRAINI-2.pdf [thumbnail of YUSI ANGGRAINI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YUSI ANGGRAINI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung tentang
penggunaan nilai daya tarik seksual (sex appeal) dalam iklan poster toko sepatu
Milano Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini
adalah pengunjung toko sepatu Milano. Pengumpulan data dilakukan melalui
teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan bantuan
langkah-langkah analisis secara kualitatif yaitu mereduksi data, penyeleksian data,
klasifikasi data, penjelasan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian
diketahui bahwa Berdasarkan usia informan maka persepsi tentang iklan dengan
daya tarik seksual di toko sepatu Milano yakni menganggap biasa saja, sudah
cukup mengerti, kurang pantas, dan kurang mendidik. Berdasarkan pembedaan
jenis kelamin, persepsi informan laki-laki menyatakan penggunaan iklan daya
tarik seksual adalah cukup menarik tetapi mungkin akan berefek negatif,
sementara informan perempuan menyatakan biasa saja dan ada pula yang
menyatakan kurang baik. Berdasarkan suku/etnis informan, ragam persepsi
tersebut meliputi anggapan mereka berupa iklan dengan daya tarik seksual pada
toko sepatu Milano dianggap tidak pantas, tidak sopan, tidak boleh, buruk,
sembrono, dan dianggap gila. Materi iklan yang berperan stopping power yaitu
bagian iklan (tubuh) yang paling menarik perhatian terdiri bentuk tubuh wanita
model iklan yang cantik dengan kulit putih, bagian tubuh (betis dan paha) dan
pakaian model. Bagian iklan yang mampu membangkitkan ingatan adalah wanita-
wanita cantik dan seksi dengan pakaian yang seksi dan bagian-bagian tubuh
wanita yang ada dalam poster. Iklan yang paling memikat kegairahan secara
seksual adalah iklan yang bergambar seorang wanita sedang duduk dengan posisi
setengah tertelentang di atas kursi berwarna putih. Gambar ini dinilai memiliki
kesan seksualitas paling tinggi. Kesan sensual pada poster toko sepatu Milano
terletak pada nilai keseksian dan kecantikan model, pakaian yang dikenakan dan
gaya model poster, tetapi ada yang menganggap biasa saja, bahkan jorok dan
kurang mendidik. Pada umumnya persepsi pengunjung menyatakan cukup mampu
menarik perhatian pengunjung karena sensual, cantik dan seksi sebagian kecil
menyatakan tidak cukup tertarik.. Persepsi pengunjung mengatakan pakaian yang
dikenakan model dalam iklan sepatu toko Milano sangat mini dan tergolong
berani sehingga menimbulkan kesan seksi. Bentuk tubuh model dianggap dapat
memikat perhatian khalayak umum. Ekpresi wajah model dianggap
menampakkan ekspresi wajah yang bahagia dan bergairah.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Nov 2013 23:41 |
Last Modified: | 19 Nov 2013 23:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1758 |